marhaban ya ramadhan

Ya Allah, ketika engkau menebar rahmat baroqah dan keselamatan di bulan yang mulia ini, maka dahulukan saudara-saudaraku yang sedang baca tulisan ini beserta keluarganya; yaa Rahman yaa Rahiim...jadikan ia dalam golongan orang yg selalu menerima rahmatMu; yaa Qudus...jauhkan ia dari sgala penyakit hati; yaa Rofi' muliakan dan tinggikan derajatnya; yaa Malikul Mulki...jagalah ia dalam dalam kuasaMu; yaa Syakur...jadikan ia ahli bersyukur; yaa Ghoofar ...ampunilah ia spanjang hidup-akhiratnya dan berkahkan rizkynya yaa Razaq. Amin... Marhaban ya Ramadhan mohon maaf atas segala salah dan khilaf

Jumat, 27 Agustus 2010

Kembali jreng!! dengan minum kelapa muda

Cuaca panas di siang hari, banyaknya aktivitas fisik akan banyak menguras keringat. Apalagi di bulan puasa ini, siang hari sangat panas. Biasanya kita jadi mudah lelah, lemes dan pasti ngantuk.
Selama bulan puasa, air kelapa merupakan minuman penyegar yang paling banyak dicari untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa merupakan minuman isotonik alami. Buka puasa dengan minum air kelapa muda badan langsung segar….berstamina lagi…he he jreng!!
Menurut Badan Pertanian Dunia (FAO), air kelapa muda bisa digunakan sebagai inuman penambah energi alami. Hal ini karena air kelapa kaya akan potasium (kalium), ula, dan protein. Secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna, sehingga mirip dengan cairan tubuh manusia.
Jumlah air per butir kelapa muda sangat bervariasi, tergantung ukuran buah. Secara umum, kadarnya tidak kurang dari 250 ml per butir. Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, gula, protein, lemak, dan mineral.
Kandungan mineral kalium yang cukup besar dalam air kelapa muda dapat membantu mengeluarkan senyawa beracun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, air kelapa muda sering digunakan untuk menetralkan racun tubuh.
Air kelapa juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk hidroksilasi protein dan lisin menjadi hidroksiprolin, bahan penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada kulit. Oleh karena itu, air kelapa muda dianggap berkhasiat untuk kesehatan kulit.
Berbeda dengan minuman isotonik dalam kemasan yang berbahaya bila dikonsumsi sembarangan, air kelapa relatif aman untuk dikonsumsi. Karena itu, jika Anda banyak melakukan kegiatan yang menguras keringat, minumlah air kelapa muda secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Namun, perlu diketahui bahwa sekali dibuka dan dikeluarkan dari tempurungnya, air kelapa mudah sekali mengalami perubahan cita rasa dan penurunan nilai gizi.
Agar khasiat dari air kelapa tak hilang, lebih baik minum air kelapa segar yang baru dibuka dari tempurung. Minumlah tanpa campuran apa pun, tambahkan saja sedikit gula agar kesegarannya semakin terasa.
Sedangkan daging buah kelapa muda dapat dimanfaatkan dalam pembuatan aneka jenis minuman, koktail, selai, dan aneka kue. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis sangat mendukung untuk dijadikan makanan pembuka puasa. Dengan menambahkan sirop dan es batu, dalam sekejap akan tersaji minuman dingin pelepas dahaga yang lezat.
Kandungan energi per 100 gram daging buah kelapa muda cukup besar, yaitu 41-99 kkal. Menurut Barlina (2004), daging kelapa muda mengandung asam lemak omega-6, yaitu asam inoleat dengan jumlah sekitar 200-300 mg/100 gr daging buah. Di dalam tubuh, asam linoleat dapat diubah menjadi asam arakhidonat (AA). Zat ini penting dalam menunjang kecerdasan otak.

So…sore ini aku mau buka puasa dengan kelapa muda lagi deh……..bagaimana denganmu……mau juga????

1 komentar:

Anonim mengatakan...

memang betul sih jadi jreng....